Tips bikin seminar yang menggigit

Updated: 16.10.2012 by EO Admin

Meeting oleh HRD

Namanya korporasi atau kementrian pasti sering bikin seminar, nah seminar ini biar jangan jadi ajang tempat tidur dan ketika pulang ada ilmu yang bisa dibawa pulang ada beberapa hal yang bisa dijadikan pegangan, apalagi Event Seminar seperti ini sering banget dari EoEventOrganizer coba kerjain.

Ada beberapa hal yang harus jadi pegangan oleh Event Organizer ketika menyelenggarakan sebuah seminar yang berhasil, nah dilist satu-satu yah :

1. Tema Seminar

Tema ini jadi pegangan seorang event organizer ketika mulai dimintai perusahaan menyelenggarakannya. Sedikit pelintir judul tema jadi sedikit Jedor dan Berkelas.  Tema-tema jadul seperti “Meningkatkan Usaha UKM” bisa dibuat sedikit lebih menarik dengan “Jurus 100 Persen Berhasil untuk UKM” atau “UKM Berani Hidup? Cara Jitu Berhasil Ningkatin Omset” , Tema-tema yang lebih jedor bikin peserta sebuah seminar makin semangat kan?

 

2. Materi seminar.

Materi seminar yang mengena adalah salah satu inti penyelenggaraan seminar yang berhasil. Komunikasi antara panitia perusahaan dan kementrian ,dengan event organizer dan pembicara seminar HARUS dilakukan beberapa kali dan adanya kesepahaman dengan ketiganya. Karena kita dari EO, maka sebaiknya kita ada sediakan staff EO yang bisa berkomunikasi aktif  mengenai Materi Seminar itu.

 

3.Pembicara & Moderator.

Pembicara dan moderator dua hal yang penting ketika acara sudah mulai berlangsung, keseimbangan adalah kuncinya. Pembicara mungkin bisa membosankan.. pada saat itu moderator harus bisa mengatur ritme, membawa feeling peserta, dan membawa suasana seminar. Atau.. bisa jadi pembicara yang melakukan presentasi adalah seseorang yang sangat baik membawakan materi. pada saat itulah moderator harus juga mengatur timing dengan baik.

 

Ketika bentuk diskusi panel dipilih sebagai cara penyampaian seminar, sang moderator pun harus mampu memberikan porsi yang tepat, mix match yang baik antara para peserta diskusi panel tersebut.

 

4. Panitia

Panitia terdiri dari panitia dari penyelenggara, dan Event Organizer, pastikan dari awal , kesiapa kita harus menyampaikan permasalahan di lapangan , istilahnya man in chargenya siapa. Pekerjaan dan pembagian tanggung jawab sudah harus dipahami sebelum acara berlangsung.

Panitia sendiri ada beberapa pembagian tugas, yaitu:

a. Panitia acara seminar

Mengurusi antara lain jadwal, timing acara , hubungan dengan pihak perusahaan dan kementrian , contact person, tempat, hiburan dan perijinan. Bila seminar yang dilakukan adalah seminar berbayar, pengakuan peserta setelah peserta melakukan pembayaran dan proses konfirmasi,dan perlu dipikirkan mekanisme pembayaran ditempat.

 

b. Marketing

Tugas dari panitia marketing adalah penentu strategy pemasaran,leaflet/pamflet serta media placement ,sponsorship dll.

 

c.Konsumsi & ATK

Konsumsi dipikirkan yang sesuai dengan anggaran, tidak terlalu berat diawal /waktu istirahat dan sediakan berbagai makanan kecil sehingga peserta tidak kekenyangan ketika acara seminar berlangsung

ATK, terdiri dari tas seminar, materi, cd materi, pulpen , kertas pencatatan, kartu tanda peserta dan sertifikat.

d. Dokumentasi

Pastikan adanya seksi khusus dokumentasi ketika awal, saat seminar dan penutup.

 

5 Target Peserta Seminar.

Sangat penting adanya target-target tertentu yang menjadi acuan ketika menyelenggarakan seminar, jumlah peserta, buzz di dunia sosial media , jumlah komentar atau pertanyaan serta halhal lain yang dapat menjadi tolak ukur penyelenggaraan seminar berikutnya. Hal ini juga menjadi nilai plus pemberi Jasa Event Organizer dalam menyelenggaraan sebuah seminar.

 

Perusahaan atau Kementrian anda ingin mengadakan sebuat seminar? Pastikan jasa event organizer kami dihubungi untuk memberikan pengalaman penyelenggaraan seminar yang berhasil.

 

newsletter

Subscribe & get regular updates